Home > Info Wisata > Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Tangkubanperahu Bandung merupakan segelintir dari banyak tujuan wisata favorit di Lembang yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung. Dimana wisata gunung Bandung ini berada di propinsi Jawa Barat, berjarak 20 KM menuju ke arah utara kota Bandung. Ketika menuju lokasi wisata, pengunjung akan disuguhkan rimbun pohon pinus dan hamparan perkebunan kebun teh yang berada di sekitar-nya. Menurut administratif, gunung aktif Lembang Bandung memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter.

Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Bentuk dari salah satu gunung legenda Indonesia mirip Stratovulcano yang memiliki pusat erupsi yang senantiasa berpindah-pindah dari timur ke arah barat. Ketika gunung meletus, batu batu hasil letusan kebanyakan berupa lava, sulfur Belerang dan mineral. namun jika gunung sedang tidak aktif maka yang dikeluarkan hanya uap belerang. Keberadaan gunung Tangkuban Perahu Bandung menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, sebab semakin banyak wisata pemandian air panas bermunculan seperti curug Cipanas Nagrak Kancah Bandung yang mengambil sumber mata air dari gunung aktif Bandung ini.

Daerah kawasan wisata, hingga sekarang dikelola oleh pemkab Bandung yaitu perum kehutanan. Ketika siang hari suhu di daerah gunung sekitar 17 derajat celcius, sedangkan ketika malam hari suhu mencapai angka 2 derajat celcius. Gunung Tangkuban perahu Bandung memiliki beberapa kawasan hutan Diptrokat Bukit yaitu hutan Montane, hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas dan hutan gunung.

Hingga sekarang Gunung Tangkuban perahu Bandung statusnya gunung berapi aktif yang status nya selalu di awasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawah gunung juga masih memberikan sinyal-sinyal gunung aktif. Tanda gunung ini masih aktif terlihat muncul nya gas belerang serta sumber-sumber air api yang berada di kaki gunung, seperti di kawasan Ciater, Subang.

tangkuban perahun Mountain

Para ahli geologi telah meyakini bahwa kawasan dataran tinggi Bandung yang memiliki ketinggian mencapai 709 meter dari permukaan laut merupakan sisa sisa dari danau besar yang terbentuk akibat pembangunan Ci Terum, disebabkan oleh letusan gunung merapi purba yang sering dikenal gunung Sunda dan gunung Tangkubanperahu Bandung, hingga sekarang masih ada sisa-sisa dari gunung Sunda Purba yang masih aktif.

Kejadian langkah seperti itu juga bisa teman-teman temui di gunung Krakatau yang berada di selat Sunda dan kawasan Ngorongoro berada di Tazania, Afrika. Hingga sekarang legenda Sangkuriang yang merupakan cerita legenda Tangkuban Perahu menjadi dokumentasi dari masyarakat sekitar yang hidup di kawasan Wisata, diadopsi dari berbagai peristiwa pada jaman dulu.

Di tempat wisata Bandung ini, setidaknya kawan bisa menemukan tiga kawah Tangkuban Perahu yang cukup populer yaitu kawah Upas, kawah ratu dan kawah domas. Kawah-kawan tersebut terjadi akibat besarnya letusan gunung pada beberapa tahun silam. Diantara ke-3 kawah itu, paling populer dikalangan pengunjung yakni kawah ratu. Tepat di pinggiran kawah diberi pembatas berupa agar, agar menjaga keselamatan pengunjung.

kawah domas tangkuban perahu

Di sekitar kawasan wisata, ada banyak penjual souvenir khas Bandung seperti syal, handmade, boneka, tas, baju dan lain-lain. Sepertinya cocok digunakan sebagai oleh-oleh keluarga. Jam operasional wisata buka pukul 08.00 WIB hingga tutup kembali pukul 17.00 WIB.

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

Teman-teman bisa mengunjungi lokasi wisata berada di Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lantaran objek wisata Lembang ini populer di kalangan wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara, maka tak heran ketika akhir pekan terlebih musim liburan lokasi wisata bakal dipadati pengunjung.

Supaya sampai ke lokasi wisata, ada beberapa rute yang bisa diambil. Bagi teman-teman berasal dari kota Bandung, menuju lokasi wisata menggunakan kendaraan pribadi maka ada dua rute ke Tangkuban perahu yang bisa di pilih.

  1. Keluar dari pintu tol Pasteur lalu menuju ke jalan Dr. Djunjunan – Pasir Kaliki -Sukajadi -Setia Budi – Lembang dan terakhir sampai ke lokasi wisata.
  2. Keluar dari pintu tol Padalarang menuju ke Cimahi lalu belok kiri kearah jalan Kolonel Masturi, sampai di pertigaan jalan raya Lembang belok ke arah kiri, anda pun sampai di lokasi wisata.

Sementara bagi anda yang menggunakan transportasi kendaraan umum, anda pun dapat mengambil rute :

  1. Dari terminal Leuwi Panjang(Bandung), mengambil bus jurusan bandung Indra Mayu lalu turun di pertigaan gerbang masuk wisata.
  2. Dari Stasiun Hall(Bandung), naik angkot yang jurusan ke Hall-Lembang. Turun di perempatan(Lembang – Maribaya – lokasi wisata) naik angkot jurusan Cikole turun di pinggir kawah Gunung.

Jarak lokasi wisata dari kota Bandung sekitar 20 Km, selama perjalanan tersebut pengunjung disuguhi oleh pemandangan yang menawan deretan hutan pinus serta kebun teh yang membentang luas menghijau. Menurut kabar beredar bahwa kebun teh di lembang sering di jadikan background tempat syuting film seperti berbagai film FTV dan film Love yang diperagakan oleh Irwansyah dan Acha Septriasa Syah.

Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Bagi teman-teman hendak memasuki lokasi wisata, maka perlu menyediakan dana retribusi sebagai tiket masuknya. Harga tiket masuk ke lokasi wisata dibedakan antara wisatawan domestik dengan wisatawan asing.

Wisatawan Domestik

  1. Tiket masuk : Rp. 15.000
  2. Parkir Motor : Rp. 5.000
  3. Parkir Mobil : Rp. 10.000
  4. Parkir Bus : Rp. 20.000

Wisatawan Asing

  1. Tiket masuk : Rp. 50.000
  2. Parkir Motor : Rp. 7.000
  3. Parkir Mobil : Rp. 15.000
  4. Parkir Bus : Rp. 25.000
sumber:http://www.datawisata.com/wisata-tangkuban-perahu

You may alo like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *